suku sasak adalah suku yang hebat, karena suku sasak merupakan satu-satunya suku bangsa indonesia yang dibangun diatas semua perbedaan, ini terbukti dari banyaknya bahasa dan adat istiadat yang berbeda di masing-masing tempat. Kondisi ini tercantum dalam peribahasa sasak yaitu “ lain gubuk lain jaje yang artinya lain gubuk lain bahasa “. Makna yang tersirat dalam peribahasa sasak ini adalah bhineka tunggal ika artinya sekalipun berbeda tetapi tetap bersatu jua.

Adanya peribahasa sasak diatas membuat kita menjadi berfikir bahwa begitu luhur dan mulianya budaya yang telah dibangun oleh nenek moyang kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Dalam semua ajaran agama kewajiban untuk bersatu adalah sebuah keniscayaan karena dengan bersatulah kita akan dapat mencapai tujuan bersama. Masalah konflik tentu tidak bisa dihindari dari kehidupan, karena ini merupakan suatu sunnatullah bagi manusia, kondisi konflik yang terjadi di NTB dapat dicontohkan dengan beberapa persoalan yang telah terjadi seperti persoalan pembangunan masjid assunah yang tidak disetujui oleh masyarakat setempat dan aliran ahmadiyah yang tidak disetujui kehadirannya oleh masyarakat.

Masalah ini bisa terjadi karena sebagian masyarakat sudah dikontrol oleh indokrtinasi sempit yang isinya hanya kita yang benar dan menganggap orang lain salah. Menurut saya ini tidak perlu terjadi karena tidak mungkin kita mempermasalahkan pembangunan masjid untuk tujuan ibadah. Jika masalah itu terjadi berarti didalamnya terdapat kepentingan-kepentingan tertentu yang menguasainya bisa politik dan sebagainya.

Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah  menjadikan Agama sebagai suatu nilai dan dijadikan patokan bagi masyarakat dalam bertindak. Cara yang kedua adalah dengan dialog dan musyawarah antar pemeluk keyakinan serta memaknai bahwa bhineka tunggal ika adalah falsah negara republik indonesia. Konflik yang terjadi umumnya disebabkan oleh ketimpangan ekonomi di masyarakat, oleh karena itu untuk memaknai kemerdekaan republik indonesia bukan dengan cara mengusir orang-orang kaya dari suatu daerah, karena justru orang-orang tersebut telah banyak berjasa dalam membangun daerah.

Untuk menanggulangi masalah ini maka harus ada toleransi antar sesama seperti tidak melakukan penindasan kepada aliran minoritas, begitu juga dengan golongan aliran keagamaan seperti ahmadiyah karena sebagai orang islam kita harus mengikuti cara rasulullah yang tidak menindas salah satu golongan yang hidup dikalangan mereka pada saat itu. Tugas kita adalah menetralisir kejadian-kejadian seperti itu agar tidak meluas dan lebih mendorong perbedaan itu sebagai sebuah kompetisi untuk meraih kemajuan, hal ini sudah banyak dicontohkan oleh bangsa-bangsa maju didunia yang mendapatkan masa keemasan mereka dengan menanamkan pemikiran tersebut.

 

Sympatric speciation is one mechanism that has been proposed for the explosive adaptive radiation of cichlid https://midnightpapers.com/ fishes in lake victoria, africa.