Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya. Penyebab terjadinya konflik diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu Perbedaan karakter perorangan, Perbedaan kebudayaan, Bentrokan kepentingan, Perubahan social yang cepat, Komunikasi yang lemah, Permusuhan dan Moral yang lemah.

 Hasil yanag diciptakan dari sebuah konflik adalah : 1 ) menurunkan tingkat solidaritas sesama anggota kelompok (ingroup) yang mengalami konflik dengan kelompok lain. 2 ). keretakan hubungan antar kelompok yang bertikai, 3) perubahan kepribadian pada individu, misalnya timbulnya rasa dendam, benci, saling curiga dll, 4) kerusakan harta benda dan hilangnya jiwa manusia. Dan 5) dominasi bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam konflik. Salah satu contoh dari sebuah konflik yang sedang terjadi sekarang ini didunia adalah konflik timur tengah yang sampai saat ini tidak terkontrol.

Pada umumnya faktor yang menyebabkan konflik itu terjadi adalah semakin menurunnya ikatan persaudaraan antar sesama. Untuk bisa mengatasi konflik tersebut dalam islam sudah mengajarkan kita tentang ukhuwan islamiyah. Pengertian ukhuwah islamiyah secara bahasa berasal dari ( akhun ) yang artinya saudara. Ukhuwah berarti persaudaraan. Persaudaraan yang dimaksud dalam ukhuwah ini bukan hanya terbatas pada saudara yang masih punya hubungan darah, melainkan saudara seiman. Sehingga dalam ukhuwah Islamiyah tidak hanya terbatas oleh suku, bangsa dan lain sebagainya. Adapun secara istilah ukhuwah islamiyah adalah kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allaah kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa yang menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah. Dalam al-Qur’an dijelaskan: Setiap mukmin adalah saudara yang diperintahkan Allah untuk saling mengikrarkan perdamaian dan berbuat kebajikan di antara satu dengan yang lainnya, dalam rangka taat kepada-Nya.

 Hakikat ukhuwah dari sebuah ukhuwah adalah, Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai perbedaan seperti warna kulit, suku, ras, golongan, bangsa dan lain sebagainya. Namun hal tersebut bukanlah menjadi pemicu yang dapat digunakan untuk memecah belah persatuan yang ada. Dengan adanya Ukhuwah Islamiyah maka akan tercipta kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah SWT kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa sehingga menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah.

Secara menyeluruh Hakikat Ukhuwah Islamiyah antara lain:

  1. Ukhuwah Islamiyah merupakan nikmat Allah,
  2. Perumpamaan tali tasbih,
  3. Merupakan arahan Rabbani ,
  4. Merupakan cerminan iman.

Dari hakiat ukhuwah islamiyah ini dapat ditarik sebuah benang merah yaitu Sebagai mu’min sejati, hendaklah merasa bahwa dirinya tidak hidup sendiri, karena teman-teman sesama muslim akan membantu dan mendukungnya baik sedang dalam keadaan senang maupun susah. Dengan terjalinnya ukhuwah islamiyah maka antara muslim yang satu dengan yang lain akan memberi manfaat kepada saudara- saudaranya sesama muslim. Ketika sesama muslim mendapatkan kesusahan, tentunya sebagai seorang saudara ikut merasakannya dan berusaha untuk membantunya. Dan sebaliknya jika seorang muslim mendapat nikmat dan kebaikan, sebagai saudara sesama muslim merasa senang dan gembira melihatnya, bagaikan dirinya sendiri yang memperoleh nikmat dan kebaikan tersebut.

 Sesungguhnya dua orang bersaudara karena Allah SWT, jika salah seorang dari keduanya lebih tinggi kedudukannya daripada yang lain, maka kedudukannya akan diangkat bersama saudaranya. Sesungguhnya ia dihubungkan sebagaimana anak cucu dihubungkan dengan kedua orang tua dan keluarga satu dengan yang lain. Karena persaudaraan itu, jika didapatkan karena Allah SWT, maka ia tidak lebih rendah daripada persaudaraan sedarah.  Jadi meskipun seorang muslim bersasal dari golongan dan ras yang berbeda, sesama muslim itu bersaudara antara satu dengan yang lain karena Alllah SWT yang menjadikan persaudaraan tersebut.

Faktor penghambat dari ukhuwah islamiyah ini adalah faktor penghambat ukhuwah islamiyah

  1. Fanatisme buta dan bangga diri, menganggap kelompuknya paling benar dan menganggap yang lain itu najis mugaladah.
  2. Karena sempitnya wawasan
  3. Kurangnya silaturrahim
  4. Kurangnya kasing saying sesame manusia
  5. Membuktikan iman yang lemah. Karena kurangnya iman mengakibatkan hambatnya ukhuwah islamiyah.

Upaya meningkatkan ukhuwah islamiyah dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

  1. Ta’aruf (saling mengenal), Dengan adanya interaksi satu dengan yang lain akan dapat lebih mengenal karakter individu. Perkenalan meliputi penampilan fisik (Jasadiyyan) pengenalan pemikiran (Fikriyyan), mengenal kejiwaan (Nafsiyyan) yang ditekankan kepada upaya memahami kejiwaan, karakter, emosi, dan tingkah laku. Setiap manusia tentunya punya keunikan dan kekhasan sendiri yang mempengaruhi kejiwaannya. Proses Ukhuwah Islamiyah akan terganggu apabila tidak mengenal karakter kejiwaan ini.
  2. Tafahum (saling memahami), Maksudnya saling memahami kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan masing-masing. Sehingga segala macam kesalahpahaman dapat dihindari.
  3. At-Ta’awun (saling tolong menolong), Dalam hal ini, dimana yang kuat menolong yang lemah dan yang mempunyai kelebihan menolong yang kekurangan. Sehingga dengan adanya konsep ini maka kerjasama akan tercipta dengan baik dan saling menguntungkan sesuai fungsi dan kemampuan masing-masing.
  4. Takaful (saling menanggung/senasib sepenanggungan/ saling memberi jaminan), Dengan adanya tafakul akan menumbuhkan rasa aman, tidak ada rasa khawatir dan kecemasan untuk menghadapi kehidupan, karena merasa bahwa saudara sesama muslim tentu tidak akan tinggal diam ketika saudara muslim lainya sedang dalam kesusahan.

Dengan empat sendi persaudaraan tesebut umat islam akan saling mencintai dan bahu membahu serta tolong menolong dalam menjalani dan menghadapi tantangan kehidupan, bahkan mereka sudah seperti satu batang tubuh yang masing-masing bagian tubuh akan ikut merasakan penderitaan bagian tubuh lainnya. Dengan adanya Ukhuwah Islamiyah. Kita akan merasakan kehidupan bermasyarakat yang lebih harmonis, karena perbedaan yang ada tidak akan menimbulkan pertentangan dan permasalahan, justru akan menjadikan kehidupan kita semakin indah. Selain itu, tingkat kesenjangan sosial yang ada di dalam masyarakat juga akan terkikis dengan sendirinya. Hal ini karena adanya semangat Ukhuwah Islamiyah yang menyatukan segala perbedaan yang ada.

 

The full form of the construction is https://writemypaper4me.org/ pea-sized to walnut-sized lava rocks, so pea, though sized is correctly omitted, should not be hyphenated to to, and to should not be hyphenated to walnut.