Halo readers jaman now yang lagi baper sampe yang lagi kampanye, hihi. Yup, tema dari PMD udah turun, saatnya eksekusi yak. Okay, aku nyoba  milih salah satu tema utama yang kekinian banget, “Pahlawan Jaman Now”. Kalian semua pasti udah sering banget denger istilah itu kan ? Terngiang-ngiang di setiap sudut sosmed dan wifi zone. Malah sekarang udah ada lagunya yang dinyanyiin sama Ecko Show yang judulnya kids zaman now. Gimana, guys ? Kalian udah tau lagunya belum ? Okay, back to topic, istilah zaman now ini kurang lebih artinya ya keadaan zaman sekarang ini, penggunaannya pun fleksibel banget, yang paling sering kita dengar mungkin kids zaman now, emak-emak zaman now, dan masih banyak lagi. Kalau dikerucutin lagi ke kids zaman now, sebagian besar yang kita lihat berbau negatif sih. Misalnya anak SD yang sekarang sudah kenal cinta dan chat di smartphone manggil ayah-bunda, mami-papi, umi-abi, hadeuuu parah deh. Beda banget sama zaman kita yang taunya cuma main tanah, kelereng, petak umpet, dan segala bentuk permainan outdoor yang pantang pulang sebelum emak datang.

Dulu kita main masak-masak pakai talenan kayu, kids zaman now mah beda, talenannya bisa nyala dan bersuara (read: tablet & smartphone). Tontonan kita juga bedanya jauh banget, sinetron macam anak jalanan, ganteng-ganteng serigala, dan apalah judulnya meracuni kids zaman now ini. Kalau kita dulu wajib banget punya VCD Barbie untuk cewek-cewek centil, favoritku Barbie as the Princess and the Pauper. Nah kalau cowok biasanya nonton Ultraman, Satria Baja Hitam dan Power Rangers. Ngomongin Power Rangers zaman now kayaknya menarik ya ? Iya dong! Yuk bahas dulu Power Ranger (PR) itu apa sih. Jadi, PR itu film yang ditayangkan sekitar tahun 90-an dan menjadi superhero anak-anak. Konsep utamanya adalah sekumpulan anak muda yang mendapat kekuatan super, kemudian bersatu untuk menyelamatkan dunia dari kejahatan.

Sekarang pertanyaannya, Power Rangers zaman now itu gimana ? Bisanya apa ? Terus musuhnya siapa ? Kita nggak mungkin tiba-tiba punya kekuatan super dan jadi hero. It’s nonsense, tapi wait kita punya cara lain untuk tetap bisa jadi ranger di dunia nyata. Nggak harus punya power, kekuatan fisik dan kostum warna-warni. Dengan memanfaatkan jiwa muda yang penuh ambisi pun kita bisa menjadi ranger. Salah satunya ya dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri, terlebih di era yang serba moderno alias zaman now ini, dunia maya menjadi sangat potensial dalam hal apapun, termasuk sentuhan radikalisme dan terorisme yang akan menjadi musuh utama rangers. Netizen rentan terpengaruh dan terprovokasi isu negatif, masyarakat sangat mudah dimobilisasi untuk melakukan tindakan vandalisme. Termasuk kita sebagai anak muda, justru keadaan sebagian besar generasi kita kian memprihatinkan. Bukannya menjaga perdamaian, malah melakukan tindakan intoleran. Disinilah peran kita sebagai ranger dan sebagian kecil generasi yang toleran untuk menelurkan konten-konten positif dan menyadarkan masyarakat akan buruknya pengaruh hoax dan radikalisasi.

Jika anak muda zaman now suka posting foto selfie sana sini, kita justru sebar konten damai sampai dunia maya terbanjiri. Setidaknya kita harus selangkah lebih maju dari mereka yang memiliki social media untuk dirinya sendiri tapi tak memberi kontribusi apa pun untuk negeri. Rangers tuh bedanya di sini, nggak egois, cepat tanggap, dan cinta damai. Bayangin aja kalau semua generasi muda punya mental rangers, perpetual peace bakalan terwujud, aman. Selain itu, wawasan kebangsaan juga perlu kita suburi, karena dengan begitu kita tak mudah terpecah belah akibat minimnya pengetahuan kebangsaan. Sudah nggak zaman ribut dan nebar hoax sana sini, kalau masih doyan main fisik jadi petinju aja, kan aman. Sekarang saatnya bergerak dengan cara halus dan menebar pesan damai, karena damai itu Indonesia. Yuk, jadi power rangers zaman now barengan!

Yundari Amelia Chandra

Blogger Mayung Duta Damai

Each concentration and specialization organizes do my homework websites a weekend-long retreat for students throughout the month of september.