Tepat pada tanggal 10 November 1945 terjadinya perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sehingga setiap tahunnya dirayakan sebagai hari pahlawan. Pahlawan adalah seseorang yang sangat berjasa dalam memperjuangkan, mempertahankan, dan mengorbankan diri demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Dahulu pahlawan menggunakan berbagai macam cara untuk bisa berperang melawan penjajah, mulai dari mempersiapkan senjata, ada yang menggunakan senjata api, bambu runcing, tombak, kris, parang, dsb. Banyak hal yang terjadi pada saat itu, mulai dari pertumpahan darah dan tangis sehingga bisa menggapai kekuasaan Indonesia.

Rasa hormat terhadap jasa para pahlawan selalu membekas di dalam diri, sebagai generasi muda hendaknya kita dapat melihat kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Di Indonesia trend kekinian semakin melumuti setiap generasi yang sering kali membuat viral dan bahkan menjadi terkenal, salah satunya sebutan Kids Jaman Now yang saat ini menjadi sebutan populer bagi anak – anak zaman sekarang. Banyak pendapat mengenai kids zaman now, bahkan sampai dikaitkan dengan micin. Sebutan kids zaman now sebenarnya merupakan guyonan untuk menyikapi kelakuan aneh dan tindakan tidak wajar dari anak zaman sekarang baik yang mereka lakukan di dunia nyata atau pun  di dunia maya. Banyaknya masyarakat Indonesia yang mengakses dunia maya menjadikan sebutan – sebutan, meme, bahkan video menjadi cepat viral dan diperbincangkan banyak orang. Selain itu banyak nya konten – konten yang positif atau pun negatif yang sering kali beredar di dunia maya, entah itu konten porno, konten yang bersifat mengancam, propaganda, radikalisme dsb.

Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan apa yang sudah dilakukan oleh pemuda pemudi Indonesia pada zaman dulu yang berperang melawan penjajah, dari sini kita dapat merenung, bagaimana jadinya keadaan kita saat ini tanpa adanya para pahlawan ? apakah akan ada Negara Kesatuan Republik Indonesia ? semua patut di syukuri, sebagai golongan kids zaman now hendaknya kita sama – sama saling rangkul, membangun negeri dari hal yang positif, ambil sisi baik dari setiap peristiwa. Kalian boleh berkreasi sebebas mungkin tapi ingat sebagai generasi muda “kids zaman now” hendak kita menghargai jasa para pahlawan, menyebarkan kedamaian di dunia nyata atau pun dunia maya, jangan terjerumus paham radikal, saling mengingatkan satu sama lain dan saling tolong menolong, mudah bukan? Tanpa harus menggunakan senjata, tanpa ada pertumpahan darah dan saling serang. Kita hanya perlu beraksi, melakukan aksi nyata untuk Indonesia, banyak hal yang bisa kita lakukan, mari buktikan bahwa Kids Zaman Now bukanlah sekelompok anak muda yang hanya membuang – buang waktu untuk melakukan hal yang semestinya tidak perlu, tapi kita adalah generasi muda yang akan menjadi Pahlawan Zaman Now. Selamat Hari Pahlawan untuk seluruh para pahlawan yang ada di Indonesia, kami generasi muda sebagai penerus akan terus berperang dengan kata, pena, gambar, video yang dapat kami sebarkan baik itu di dunia nyata maupun dunia maya. SemangArt!

Henry david https://essaydragon.com/ thoreau- transcendentalist who believed that one should reduce his bodily wants so as to gain time for a pursuit of truth through study and meditation.