Sumpah Pemuda adalah ikrar yang dinyatakan oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Sumpah Pemuda ditulis oleh Muhammad Yamin lalu dibacakan oleh Soegondo. Sebagai hasil keputusan Kongres Pemuda II, ikrar ini menjadi tanda atas kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda tidak muncul saat perundingan oleh Kongres Pemuda II, melainkan setelahnya.

teks asli sumpah pemuda

Dari teks Sumpah Pemuda di atas, pemuda Indonsia beserta seluruh komponen bangsa sudah memiliki cita-cita yang sama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) setelah lepas dari penjajahan kaum kolonial. Perkembangan negara akan dipengaruhi oleh perkembangan generasi muda. Jika pemudanya maju, maka negaranya maju dan begitu pun sebaliknya.

Berdasarkan data statistik Indonesia tahun 2011, setelah tahun 2000 tingkat kelahiran bayi di Indonesia mencapai 4,5 juta jiwa setiap tahun. Data  ini memberi harapan akan besarnya peluang Indonesia bergerak menjadi menjadi negara yang berkualitas tinggi, bukan malah menambah beban negara dengan segala tindakan negatif.

Seperti yang kita ketahui saat ini, aksi pemuda Indonesia sudah tidak sesuai lagi dengan teks Sumpah Pemuda. Kenapa ? Karena pemuda Indonesia saat ini sedang dalam kendali teknologi yang menglobal di era reformasi ini. Salah satu dampaknya adalah penggunaan internet untuk hal-hal yang tidak baik seperti menyebarkan konten-konten negatif yang mampu mengadu domba bahkan menghancurkan persatuan bangsa.

Penyebaran paham radikal dan tindak terorisme di Indonesia adalah hasil dari penyalahgunaan internet. Pelakunya kebanyakan dari kalangan pemuda. Tingkat membaca dan analisis yang rendah adalah penyebab lain dari penyalahgunaan internet. Pemuda sekarang lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain game online dan update status alay di media sosial. Inilah yang menyebabkan Indonesia sulit bergerak menjadi negara maju.

Kualitas negara adalah cerminan kualitas manusia di dalamnya. Oleh karena itu, mari gunakan internet sebagai sarana untuk menyebarkan hal-hal positif untuk generasi zaman ini dan generasi zaman mendatang demi terciptanya kualitas negara dan bangsa yang baik.

 

Sumber gambar : kochiefrog.com

After you turn the piece in, your editor may ask you to provide more https://writemypaper4me.org/ details or provide another point of view, and more cutting may be in order to accommodate the addition.